Rabu, 08 Februari 2012

BMKG: Waspadai Petir Terutama Malam Hari

Kamis, 9 Februari 2012 10:20 WIB

JEURAM - Masyarakat Aceh Barat dan Nagan Raya diingatkan tidak beraktivitas di luar rumah saat petir dan hujan lebat, terutama malam hari. “Intensitas petir di wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya sangat tinggi sejak dua hari terakhir, terutama malam,” kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya, Edi Darlupti menjawab Serambi, Rabu (8/2).

Menurut Edi, meningkatnya intensitas petir pada malam hari akibat banyaknya pertumbuhan awan jenis Columbusnimbus yang membawa energi listrik. Pertumbuhan awan jenis itu diperkirakan akan terus terjadi hingga tiga hari ke depan. Curah hujan pada malam hari juga masih sangat tinggi. “Kami juga mengimbau masyarakat tidak berada di bawah pohon atau di lapangan terbuka saat petir,” kata Edi.

Petir dan hujan lebat juga berdampak pada terganggunya aktivitas nelayan, terutama yang menggunakan perahu kecil. Ini dikarenakan tingginya curah hujan dan intensitas petir. Sedangkan gelombang laut di perairan samudera Hindia masih dalam keadaan normal dan sedang berkisar 0,75-2 meter.(edi)

Sumber: http://aceh.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar